Pemerintahan

Buka Rakor Pokja PKP Touna, Plh. Sekda: Jaga Kekompakan, Kerja Cerdas, Tepat dan Efektif

34
×

Buka Rakor Pokja PKP Touna, Plh. Sekda: Jaga Kekompakan, Kerja Cerdas, Tepat dan Efektif

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi Pembinaan Pokja PKP Kabupaten Tojo Una-Una, di Aula Bapperida, Kamis (25/4/2024).

TOUNA – Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Dr. Alimudin Muhammad, SE, M.Si menyatakan bahwa Pokja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) adalah lembaga yang mengkoordinasikan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman, Undang Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

“Kerja dalam Pokja PKP di Kabupaten Tojo Una-Una akan dinilai oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi,” ujar Alimudin Muhammad mewakili Bupati saat membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Pokja PKP Kabupaten Tojo Una-Una, di Aula Bapperida, Kamis (25/4/2024)

Alimudin mengatakan, penilaian kinerja yang harus dilaksanakan oleh Pokja PKP Kabupaten Tojo Una-Una bersama perangkat daerah dan stakeholder lainnya diantaranya:

  1. Memfasilitasi penyusunan kebijakan dan regulasi Pemda, terkait penanganan kumuh.
  2. Mendorong untuk terjadinya satu data-satu peta dan satu perencanaan sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2019, tentang satu data indonesia oleh Pokja PKP.
  3. Mengawal dan mengendalikan capaian target SDG’S 2030.
  4. Mengawal dan mengendalikan tahapan pengurangan luasan kumuh secara intens.
  5. Mengawal dan mengendalikan kegiatan/program.
  6. Penanganan kumuh yang masuk ke kota/kabupaten agar terlaksana dengan baik sesuai panduan program.
  7. Mengawal koordinasi terkait pengadaan lahan dan pemeliharaan aset terbangun.
  8. Menjadi motor penggerak terbangunnya kolaborasi berbagai instansi untuk terlibat dalam kegaiatan PKP.
  9. Mengelola pengetahuan melalui pengembangan kapasitas (training, sosialisasi, dll) serta publikasi yang masif terkait dengan penanganan kumuh daerah.
  10. Koordinasi dan sinergi dengan Pokja PKP provisi dan pusat.

Alimudin juga mengingatkan dalam struktur Pokja PKP Kabupaten Tojo Una-Una sangat diperlukan menjaga kekompakan, kerja cerdas, tepat dan efektif.

“Sehingga apa yang menjadi tujuan akhir dari semua ini adalah mewujudkan target visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una yaitu Terwujudnya Kabupaten Tojo Una-Una Tangguh, Maju, dan Sejahtera (Tamara) sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 5 Tahun 2021, Tentang RPJMD Tahun 2021 – 2026 dapat terwujud,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini, Kabid Perumahan Bidang Teknis Pokja PKP Sulawesi Tengah Ir. Mohammad Agshah, ST, M.Si, Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKPP Kabupaten Tojo Una-Una, Aan Fauzan, ST, MT,  Kabid Riset dan Inovasi Bapperida Kabupaten Tojo Una-Una, Sukmawati, ST, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat dan para Pejabat Fungsional lainnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.