Scroll untuk baca artikel
News

Polres Touna Ikuti Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2024 Secara Vitual

773
×

Polres Touna Ikuti Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2024 Secara Vitual

Sebarkan artikel ini

TOUNA – Panitia Pembantu Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2024 Polres Tojo Una-Una (Touna) ikuti Penandatanganan Fakta Integritas dan pengambilan sumpah penerimaan terpadu Polri T.A 2024 secara Virtual yang digelar Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (19/4/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dilakukan secara serentak diseluruh jajaran Polda Sulteng dipimpin oleh Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko mewakili Kapolda langsung dari di Rupatama Polda Sulteng.

Sedangkan untuk Polres Touna dilaksanakan di Aula Endra Dharmalaksana Polres Touna yang dihadiri oleh Kabag SDM Polres Touna, AKP Muhammad Asdar, Perwakilan Internal yaitu Kasiwas, Kasi Propam, Staf Bag SDM, Pengawas Eksternal dari Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan, Pers/Wartawan, Peserta Casis Polri dan orang tua.

Berbagai rangkaian kegiatan seperti pembacaan ikrar oleh masing Perwakilan Panitia Seleksi, Calon Anggota Polri serta orang tua pendaftar dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji dan terakhir penandatanganan pakta integritas baik oleh panitia, calon Anggota Polri dan Orang tua Pendaftar untuk T.A 2024.

Dalam sambutan tertulis Kapolda Sulteng yang dibacakan oleh Wakapolda menyampaikan, penerimaan terpadu anggota polri merupakan bagian dari penyediaan sumber daya manusia Polri yang bertujuan mencapai sasaran kekuatan dengan memilih warga negara yang berkualitas untuk menjadi seorang anggota polri.

“Nantinya diharapkan mampu berperan sebagai pengemban tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat secara profesional, bermoral dan modern,” ujar.

Wakapolda berharap, setiap calon anggota Polri dituntut memiliki kualitas yang dipersyaratkan, baik yang menyangkut aspek mental kepribadian, intelegensia, kesehatan maupun kesamaptaan jasmani.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2024 Secara Vitual Polda Sulteng.

“Pada kesempatan ini, perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan terpadu anggota polri yang telah kita laksanakan bersama ini bermakna sangat strategis guna mewujudkan proses penerimaan yang clear and clean,” tegasnya.

“Sumpah yang saudara-saudara ucapkan merupakan salah satu bentuk manifestasi hubungan manusia dengan Tuhan, yang mengandung makna dan konsekuensi yang wajib dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Adapun pakta integritas yang saudara-saudara tanda tangani, merupakan upaya kita untuk membangun komitmen bersama, guna mewujudkan penerimaan yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis,” ungkapnya.

“Untuk itu, saya berharap kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini benar-benar dapat dijadikan sebagai pedoman dan landasan moral bagi seluruh peserta dan panitia dalam melaksanakan seluruh tahapan seleksi,” harapnya.

Perlu juga saya ingatkan, bahwa pakta integritas yang saudara-saudara tanda tangani, mengatur sanksi yang tegas bagi para pelaku penyimpangan, mulai dari sanksi moral, sanksi administratif sampai dengan sanksi pidana.

Wakapolda juga memberikan penekanan dalam penerimaan terpadu anggota Polri T.A 2024 ini, sebagai berikut:

1. Kepada para peserta, agar mengikuti proses penerimaan terpadu anggota polri dengan baik dan tidak mengandalkan orang lain atau sponsorship, namun mengandalkan kemampuan diri sendiri dan berdoa kepada tuhan yang maha kuasa, sehingga keberhasilan akan menghampiri peserta sekalian;

2. Kepada para orang tua peserta, agar percaya terhadap kemampuan para peserta tanpa harus mengandalkan orang lain atau sponsorship, selalu iringi mereka dengan dukungan dan doa kepada tuhan yang maha kuasa.

3. Kepada seluruh panitia dan pengawas, jangan pernah untuk mencoba melakukan penyimpangan. Laksanakan proses penerimaan ini, dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Sementara itu, Kapolres Touna melalui Kabag SDM Polres Touna, AKP Muhammad Asdar mengatakan, bahwa melalui kegiatan pakta integritas tersebut maka semua pihak yang terkait dalam penerimaan ini telah sepakat untuk menghindari segala bentuk kecurangan.

“Penandatanganan pakta integritas ini dimaksudkan sebagai sarana kontrol pengendalian dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri. Sehingga, akan dihasilkan calon Anggota Polri yang terbaik, baik dari aspek jasmani dan rohani, maupun dari aspek mental dan intelektual,” pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page