Pemilu 2024

Gafril: Peran Serta Masyarakat Sebagai Mitra Bawaslu Sangat Strategis Dalam Menangkal dan Mencegah Pelanggaran Pemilu

249
×

Gafril: Peran Serta Masyarakat Sebagai Mitra Bawaslu Sangat Strategis Dalam Menangkal dan Mencegah Pelanggaran Pemilu

Sebarkan artikel ini
Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Touna, Gafril Saat Membuka Sosialisasi Partisipatif.

TOUNA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema “Penguatan Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun Tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Ananda Ampana, Rabu (13/12/23).

Acara yang diikuti oleh Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan Media tersebut menjadi salah satu semangat Bawaslu Kabupaten Touna dalam menyampaikan pesan-pesan pencegahan serta keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif Pemilu tahun 2024.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini menghadirkan dua orang Narasumber Yakni Kepala Kesbangpol Kabupaten Touna, Herlina Leonita Sandewa, SH, MH dan Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Touna, Gafril, SE.

Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Touna, Gafril menyampaikan dalam sambutannya bahwa Peran serta masyarakat menjadi pengawas pemilu partisipatif sebagai mitra bawaslu sangat strategis dalam menangkal dan mencegah pelanggaran pemilu.

“Kami menyadari tanpa peran masyarakat hal ini tidak bisa terwujud, karena akan kesulitan bagi kami bawaslu mengawasi yang jumlahnya terbatas,” ucapnya.

Gafril berharap bahwa masyarakat dapat berperan aktif menjadi pengawas partisipatif sebagai mitra bawaslu dalam mengawal demokrasi yang dicita-citakan yakni demokrasi yang berdaulat yang menciptakan pemimpin yang betul-betul lahir dari pilihan rakyat.

“Selain itu, kami juga mengajak kepada masyarakat tidak hanya menggunakan hak pilihnya pada saat vooting day, akan tetapi mengawal proses pemilihan suara,” tandasnya.(yya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.