Pemerintahan

Pemkab Touna Gelar Advokasi dan Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar

676
×

Pemkab Touna Gelar Advokasi dan Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar

Sebarkan artikel ini
Advokasi dan Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar Kabupaten Tojo Una-Una.

TOUNA – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB menggelar Advokasi dan Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Senin (29/4/2024) di Ruang Pertemuan Hotel Ananda Ampana.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Dr. Alimudin Muhammad, SE, M.Si dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja III Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, Moh, Rosni, SE, M.Si. Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Chairil Anwar, SE, MA, PhD, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Kabupaten Tojo Una-Una yang terkait serta undangan lainnya.

Plt. Sekretaris Daerah Alimudin Muhammad saat membacakan sambutan tertulis Bupati menyampaikan Grand Design Pembangunan Kependudukan merupakan pembangunan terencana di segala bidang untuk menciptakan kondisi ideal antara perkembangan kependudukan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungannya, seperti memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa harus mengurangi kemampuan dan kebutuhan generasi mendatang untuk menunjang kehidupan bangsa.

“Ada 5 pilar yang terdapat dalam Grand Design Pembangunan Kependudukan yaitu Pengendalian Kuantitas Penduduk, Peningkatan Kualitas Penduduk, Penataan Persebaran dan Pengarahan Mobilitas Penduduk, Pembangunan Keluarga Berkualitas serta Administrasi Kependudukan,” ucap Alimudin.

Menurutnya, Kabupaten Tojo Una-Una dihadapkan pada masalah mendasar dalam Pembangunan Kependudukan, Kualitas Penduduk yang belum optimal, distribusi yang belum merata, serta keluarga yang belum sepenuhnya merasakan manfaat pembangunan secara menyeluruh merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama.

“Kabupaten Tojo Una-Una tidak berjuang sendirian, karena dengan diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 153 tahun 2014 tentang Grand Desain Pembangunan Kependudukan merupakan langkah nyata menuju penyelesaian masalah-masalah ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, langkah ini mengarahkan Kabupaten Tojo Una-Una untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan kependudukan secara terencana dan berkelanjutan.

“Dengan semangat dan komitmen, Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una akan merumuskan Grand Design Pembangunan Kependudukan, sebagai tonggak arahan kebijakan yang akan menjadi panduan dalam program pembangunan kependudukan daerah ini untuk lima tahun ke depan,” katanya.

Dia meminta kepada Perangkat Daerah terkait, agar membentuk tim koordinasi pelaksana Grand Design Pembangunan Kependudukan kabupaten.

“Dan kepada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana selaku leading sektor, agar membentuk tim koordinasi pelaksanaan GDPK Kabupaten, yang memiliki peran sentral dalam mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan penyusunan kebijakan dan program grand design pembangunan /GDPK di Kabupaten Tojo Una-Una,” pintanya.

Dia berharap dalam melaksanakan tugas, tim koordinasi harus senantiasa memperhatikan kebijakan dan program pelaksanaan GDPK yang telah ditetapkan baik di tingkat Nasional maupun Provinsi.

“Dengan adanya Grand Design Pembangunan Kependudukan (GPDK) ini Kabupaten Touna harus berupaya untuk selalu sejalan dengan arahan yang telah diberikan oleh tim koordinasi pelaksanaan GDPK Provinsi, agar sinergi dan kolaborasi antar tingkat pemerintahan dapat terjaga dengan baik,” harapnya.

Dia percaya bahwa dengan membentuk tim koordinasi pelaksanaan GDPK Kabupaten, kita akan memiliki mekanisme yang efektif dalam mengarahkan upaya-upaya kita menuju pencapaian tujuan GDPK dan adanya sinergitas yang erat antara Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait kependudukan dalam pelaksanaan GDPK ini.

“Karena kolaborasi akan membantu dalam melengkapi pendekatan komprehensif yang diperlukan untuk mencapai tujuan gdpk dengan sukses,” ucapnya.

“Saya meminta kepada seluruh Perangkat Daerah agar berperan aktif dan berkonstribusi dalam menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan untuk mencapai penduduk tumbuh seimbang dan pembangunan keluarga berkualitas dalam mewujudkan Kabupaten Tojo Una Una Yang Tangguh, Maju dan Sejahtera,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.