Pemilu 2024

Bawaslu Monitoring Pengawasan Pungut Hitung dan Pendistribusian Kotak Suara Pemilu dari TPS sampai PPK di Touna

97
×

Bawaslu Monitoring Pengawasan Pungut Hitung dan Pendistribusian Kotak Suara Pemilu dari TPS sampai PPK di Touna

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Touna Taufiq Rizal R. Liara

TOUNA – Anggota Bawaslu Sulteng Muh Rasyidi Bakry bersama Ketua Bawaslu Touna Taufiq Rizal R. Liara, Arfan Tandje dan Gafril, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng lakukan monitoring pengawasan pemungutan dan perhitungan suara serta pendistribusian kotak suara dari KPPS, PPS hingga PPK di Kabupaten Touna.

“Kami bersama-sama pimpinan Bawaslu Provinsi Sulteng melakukan monitoring pengawasan proses pemungutan dan perhitungan suara sekaligus proses pendistribusian kotak suara dari TPS sampai pada PPK di wilayah Kecamatan Ampana Kota, Ratolindo dan Ampana Tete,” kata Ketua Bawaslu Touna Taufiq Rizal R. Liara kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Taufiq menyebutkan, bahwa focus pengawasan yaitu ketaatan prosedur proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di TPS yang di wilayah Kecamatan Ampana Kota, Ratolindo dan Ampana Tete.

“Selain itu, salah satu focus pengawasan tersebut adalah bagaimana proses pendistribusian yang dilakukan jajaran Adhock dari TPS oleh KPPS dalam hal ini, kemudian disampaikan ke PPS sampai ke PPK masing-masing, sudah sesuai  dengan regulasi yang sudah diatur dalam  PKPU 25 tahun 2023 dan KKPU 66 tahun 2023,” sebutnya.

Menurut Taufiq, berdasarkan hasil monitoring pengawasan bersama dengan Pimpinan Bawaslu Sulteng tidak ada kendala-kendala yang signifikan yang didapatkan selama monitoring pengawasan.

“Namun, karena proses saat ini masih sedang berjalan, tentunya kami akan menunggu laporan dari rekan-rekan pengawas TPS, panwaslu Kelurahan/Desa dan Panwaslu Kecamatan sekaitan dengan proses hasil pemungutan dan perhitungan suara sampai dengan proses pendistribusian logistic sampai ke tingkat Kecamatan,” tuturnya.

Untuk selanjutnya, tambah Taufiq, pihaknya memiliki kesiapan melalui Panwaslu Kecamatan dalam melakukan pengawasan terkait rekapitulasi di Tingkat Kecamatan.

“Tentunya terkait kesiapan tersebut, kami juga telah memiliki data-data terkait proses perhitungan suara di Tingkat TPS berdasarkan hasil pengawasan yang nantinya kami liat dalam proses rekapitulas di Tingkat kecamatan,” tambahnya.

“Harapan kami dari Bawaslu Touna tentunya agar seluruh masyarakat, pihak-pihak terkait untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan, kestabilan dalam rangka menjaga Pemilu ini benar-benar jujur, adil, damai dan bisa diterima oleh seluruh masyarakat Kabupaten Touna,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.