Berita

Sekda Touna Buka Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-64 Tahun 2024

77
×

Sekda Touna Buka Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-64 Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Sekda Touna, Sovianur Kures Saat Membuka Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-64 Tahun 2024

TOUNA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Dr. H. Sovianur Kure, SE, M.Si membuka Peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024, Kamis (1/2/2024) di Posyandu Dirgantara Kompleks Bandara Tanjung Api, Desa Pusungi, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna.

Kegiatan yang diadakan oleh Dewan Pengurus Cabang Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPC-PERSAGI) Kabupaten Touna juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan penanggulangan stunting melalui penyuluhan dan konseling gizi serta demo masak kepada ibu hamil dan orang tua balita.

Peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2024 ini, mengangkat tema Protein Hewani Cegah Stunting” yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat pentingnya gizi pada remaja, ibu hamil, ibu menyusi dan balita, yang kaya akan protein hewani, sehingga masyarakat memiliki perilaku konsumsi beraneka ragam makanan protein hewani dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Sekda Sovianur Kure dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa permasalahan bangsa indonesia, ditengah kemajuan yang dialami bangsa seiring dengan perkembangan gizi buruk salah satu penyebabnya adalah masalah stunting.

“Stunting memiliki dampak terhadap tumbuh kembang balita, dampak jangka pendek dari stunting adalah adanya penambahan angka kesakitan dan kematian serta perkembangan motorik, kognitif dan verbal anak menjadi tidak optimal,” ungkap Sekda.

“Sedangkan dampak jangka panjang dari stunting adalah postur tubuh yang kurang optimal saat remaja (pendek), resiko obesitas dan penyakit lainnya, menurunkan kesehatan reproduksi, serta menurunkan kapasitas belajar dan bekerja sehingga menjadi tidak optimal,” jelasnya.

Sekda mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh kementerian kesehatan, salah satunya adalah dengan mengangkat tema “Protein Hewani Cegah Stunting”.

“Protein hewani adalah instrumen gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil guna mencegah stunting pada anak, hal ini dikarenakan pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein hewani dan vitamin yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak,” ujarnya.

Sekda menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Touna menyambut baik serta mengapresiasi kepada DPC- PERSAGI Touna serta semua pihak yang terlibat, hingga terselenggaranya kegiatan ini.

“Untuk itu, kami mengajak semua Anggota PERSAGI untuk terus menunjukkan eksistensi dan komitmen melalui berbagai macam program kesehatan terhadap upaya pencegahan penanggulangan stunting,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Sekda Sovianur Kure menyerahkan reward kepada sejumlah Kader Posyandu Dirgantara.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Touna, Ny. Femmy Luther Lahay, Ketua DPC PERSAGI Kabupaten Touna, Saenal Ahmad serta sejumlah Pejabat terkait Lingkup Pemda Touna dan tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Diskominfo Touna

Editor: Yahya Lahamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.