Pemerintahan

Pagelaran Seni Budaya Resmi Dibuka, Bupati Touna: Diharapkan menjadi salah satu daya tarik kunjungan Wisatawan

177
×

Pagelaran Seni Budaya Resmi Dibuka, Bupati Touna: Diharapkan menjadi salah satu daya tarik kunjungan Wisatawan

Sebarkan artikel ini

TOUNA – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohamad Lahay, SE, MM secara resmi membuka Pagelaran Seni Budaya Tahun 2023 di Kabupaten Touna dalam rangka memeriahkan acara syukuran pasca panen Moraa yang berlangsung di Lapangan Eks STQ Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo Kabupaten Touna, Jumat (17/11/23) malam

Pagelaran Seni dan Budaya ini di awali dengan Tarian kolosal Mora’a, SMANSA Ampana dan  penampilan sang maestro Geso-Geso, Mido serta diikuti oleh beberapa Kabupaten/Kota se- Sulawesi Tengah serta beberapa Kecamatan se-Kabupaten Touna.

Bupati Touna, Mohammad Lahay dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya tahun 2023 ini merupakan iven yang memeriahkan acara paska panen moraa setiap tahun dilaksanakan di kecamatan Tojo Barat, Tojo dan Ulubongka.

“Kemasan dari iven ini, sebagian besar menampilkan seni pertunjukan dari kabupaten se Sulteng dan se kecamatan Touna yang ikut berpartisipasi dalam acara ini,” ucap Bupati Mohammad Lahay.

“Besar harapan kami Pagelaran Seni dan Budaya yang diselenggarakan dapat menjadi salah satu daya tarik dalam kunjungan wisatawan,” ujar Mad Lahay sapaan akrab Bupati Touna itu.

“Kami mengajak para tamu dan pengunjung, juga dapat menikmati berbagai keindahan wisata yang ada, diantaranya pantai taman JH dan Desa Labuan yang menyediakan berbagai macam kuliner tradisional serta wisata alam Tanjung Lawaka, permandian wisata alam Malotong dan permandian wisata alam air panas di desa Marowo serta kopi Tojo yang digemari parawiasata,” tandas orang nomor satu di kabupaten Touna itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Sulteng, Andi Kamal Lembah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  Pagelaran Seni dan Budaya tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Touna.

“Diharapkan melalui kegiatan festival budaya ini, para pemangku dan pelaku kebudayaan dapat memahami, bahwa nilai-nilai budaya sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat berbangasa dan bernegara dan berupaya melestarikan dalam merangka menuju Indonesia berkerakter dan berbudaya,” ucapnya.

Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah KemenkumhamSulteng, Hermansyah Siregar, Kepala Balai  Pemajuan Kebudayaan BPK wilayah 18 Sulteng-Sulbar, Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay, Sekda Touna, Sovianur Kure, Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, Kasi Intel Kejari Touna, La ode Moh. Nuzul, Perwira penghubung Kodim 1307/Poso, serta Para Bupati se-Sulawesi Tengah yang sempat hadir, pimpinan OPD serta undangan lainnya.(yya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.