Pemerintahan

Jumpa Pers Bersama Media Relasi, Kantor Pertahanan Touna Beberkan 3 Program Strategis Nasional 2023

289
×

Jumpa Pers Bersama Media Relasi, Kantor Pertahanan Touna Beberkan 3 Program Strategis Nasional 2023

Sebarkan artikel ini
Kantor Pertahanan Touna Saat Jumpa Pers Bersama Media Relasi.

TOUNA – Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar jumpa pers bersama media relasi dalam rangka memaparkan Progres dan Pencapaian Program Strategis Nasional tahun 2023 di ruang Rapat Kantor Pertanahan Touna, Senin (29/05/23).

Program Strategis Nasional tahun 2023, Kantor Pertanahan Kabupaten Touna yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Redistribusi Tanah dan Lintas Sektoral,” ungkap Kepala Kantor Pertanahan Touna Siswoyo kepada media.

Siswoyo menjelaskan, PTSL adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa dan kelurahan.

“Redistribusi Tanah ialah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset dan disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Sedangkan Lintas Sektoral adalah Pensertipikatan tanah yang diperuntukkan khusus UMKM dan nelayan,” jelasnya.

Siswoyo mengatakan, bahwa salah satu program Pertanahan unggulan PTSL sudah cukup dikenal oleh masyarakat Kabupaten Touna, dengan capaian progres 10 persen per 8 Mei 2023.

“Target PTSL di Kabupaten Touna sejumlah 1935 (SHAT) dan 1500 Ha (PBT) untuk realisasi puldadis sejumlah 221 bidang, pemberkasan sejumlah 220, potensi k1 30 bidang dan 190 bidang sudah terbit dan siap diserahkan yang tersebar di 12 Kelurahan dan desa diantaranya Sansarino, Malotong, Bonerato, Bailo Baru, Padang Tumbuo, Marowo, Uetampopa, Borone, Mantangisi, Sumoli, Labiabae dan Ampana,” katanya.

Lanjut kata Siwoyo, Redistribusi Tanah tahun 2023 di Kabupaten Touna sudah mencapai 40, 7 persen dari jumlah target 750 bidang, di mana telah mencapai realisasi pemetaan bidang sejumlah 107 bidang (21,4 persen) dan realisasi inventarisasi 300 berkas (60 persen) yang tersebar di desa Malei, Tojo, Matako, Bambalo, Galuga, Nggawia, Uebone, Balingara dan suka maju.

“Untuk kegiatan Lintas Sektoral UMKM dan Nelayan pada tahun 2023 pada Kantor Pertahanan Kabupaten Touna sejumlah 50 bidang, untuk saat ini data yang kami terima baru 37 bidang yang terdaftar untuk kegiatan lintas sektoral dan lainnya masih menunggu dari Dinas Perikanan Kabupaten Touna,” lanjutnya.

Siswoyo menambahkan, terkait informasi pelayanan pertanahan, pihaknya juga telah membuat brosur yang akan dibagikan ke semua desa yang untuk mempermudah kepada masyarakat yang ada di kabupaten Touna.

“Jadi mereka (Masyarakt) nantinya tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Pertanahan hanya untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat bisa langsung menghubungi nomor HP dan whatsapp didalam brosur yang dibagi,” tambahnya.

“Kami juga berharap kepada para media apabila ada keluarga, atau rekan-rekan yang akan mengurus sertifikat tanah dan lain-lain, silahkan kepada saya atau bertemu dengan masing-masing seksi,” tutupnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *