Pemerintahan

RSUD Ampana Kini Miliki Tangki Sentra Oksigen

590
×

RSUD Ampana Kini Miliki Tangki Sentra Oksigen

Sebarkan artikel ini
Tangki Oksigen Milik RSUD Ampana.

TOUNA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna)  kini memiliki tangki atau sentra oksigen yang dapat didistribusikan ke seluruh ruangan yang ada di rumah sakit untuk pasien.

Langkah ini merupakan terobosan Direktur RSUD Ampana dr. Niko guna mengantisipasi kekurangan atau kehabisan oksigen di RSUD Ampana.

Direktur RSUD Ampana dr. Niko mengatakan, pemasangan tangki atau sentra oksigen tersebut merupakan hasil kerjasama RSUD Ampana dengan PT. Samator yang memang ada cabangnya juga di Palu dan di Luwuk.

“Pemasangan tangki oksigen ini bebas biaya baik Pemda maupun RSUD Ampana, selama kami masih berlangganan dengan PT. Samator untuk melakukan stok di RSUD Ampana, maka kami masih dipinjamkan tabung oksigen tersebut,” kata dr. Niko kepada wartawan di ruangan kerjanya, Senin (05/06/23) kemarin.

dr. Niko mengungkapkan, tangki oksigen ini berfungsi agar penyaluran oksigen ke setiap unit, ruangan atau bahkan bet Rumah Sakit itu menjadi lebih stabil, karena tekanan yang disalurkan dari tangki itu sifatnya terpusat dan mengefisienkan tabung oksigen yang manual 6 meter kubik ke ruangan yang membutuhkan.

“Jadi, kami hanya menyediakan tabung oksigen 6 meter kubik itu, apabila dalam keadaan darurat atau sambil menunggu pengisian tabung sambil menunggu pengisian tabung oksigen sentra yang akan dipasok dari makasar,” ungkapnya.

Menurutmya, bercermin pada Covid yang lalu, selalu waspada terhadap kebutuhan oksigen yang sangat vital dibutuhkan untuk suatu jalannya operasional rumah sakit. Apalagi yang sifatnya ruangan kritis seperti,  kamar operasi ICU atau IGD.

“Tabung oksigen sentra ini mempunyai sistem akan bisa dibaca dari Makasar  bahkan dari Jakarta, ketika pasien banyak mungkin oksigen tinggal 1/3, maka truk akan dikirim melakukan pengisian,” tuturnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *