Berita

Polres Touna Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

654
×

Polres Touna Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
Kapolres Touna AKBP S. Sophian Saat Menjadi Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.

TOUNA – Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una Una (Touna) menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Touna, pada Kamis (01/06/23).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Touna AKBP S. Sophian, SIK, MH, sebagai Perwira Upacara Kabag Ops  Kompol Mulyadi dan Komandan Upacara KA SPKT Iptu Sodang Datuan, SH.

Upacara ini diikuti oleh Para Para Kabag, Kasat dan Kasi,  Kapolsek Ampana Kota beserta anggota, Kapolsek Ampana Tete beserta anggota,  Kapolsek Ulubongka beserta anggota serta Brigadir Polres Touna.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Touna AKBP S. Sophian  membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ucapnya.

Kapolres mengatakan, Pancasila digali dan  lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religiusbangsa indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” lanjutnya.

Kapolres juga mengatakan, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Olehnya itu, Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hatibangsa Indonesia,” tuturnya.

“Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” tambahnya.

Untuk itulah, Kapolres menegaskan agar Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini  dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

“Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara, Selamat Hari Lahir Pancasila,” tutup Kapolres.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *