Pemerintahan

Wakil Bupati Touna Buka Rakorda Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022

78
×

Wakil Bupati Touna Buka Rakorda Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu Saat Membuka Kegiatan Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022.

TOUNA – Wakil Bupati  Tojo Una-Una (Touna), Ilham Lawidu, SH membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Kabupaten Touna tahun 2022, di Aula Hotel Ananda Ampana, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat”  turut dihadiri, Ketua DPRD Kabupaten Touna, Dr. Hi. Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Kepala BPS Touna, Forkopimda Touna, Pimpinan OPD Touna, Camat se-Kabupaten Touna serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Regsosek adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah Bappenas rancang sejak tahun 2020. Pemerintah merasakan bahwa perlindungan sosial perlu perbaikan.

“Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi social ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasigeospasial,” ucapnya.

Wakil Bupati mengatakan, pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan.

“Data regsosek yang lengkap akan mendukung pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan dipusat dan daerah, ” katanya.

Lanjut kata Wakil Bupati, sebagai pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial, regsosek mendukung komponen reformasi lainnya diantaranya adalah perlindungan sosial adaptif, integrasi berbagai program perlindungan sosial, dan digitalitas penyaluran bantuan sosial.

“Pelaksanaan regsosek menjadi langkah strategis dalam pembangunan penyetaraan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian kita pun sadar bahwa pelaksanaanya bukan hal yang mudah,” ujarnya.

Wakil Bupati menambahkan, pelaksanaan Regsosek membutuhkan upaya dan jalinan komitmen untuk kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan juga desa/kelurahan Serta tidak lupa bahwa kita pun membutuhkan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat seperti akademisi, pengamat kebijakan, pakar dan masyarakat umum, sehingga pendataan awal regsosek di Kabupaten Tojo Una Una dapat berhasil.

“Untuk itu, mari kita bersama menuju “Tojo Una Una yang tangguh, maju dan sejahtera” melalui regsosek,” ajak Wakil Bupati mengakhiri sambutannya.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *