Politik

Bawaslu Touna Lakukan Pencegahan Pelanggaran Pemilu 2024 Lewat Sosialisasi

84
×

Bawaslu Touna Lakukan Pencegahan Pelanggaran Pemilu 2024 Lewat Sosialisasi

Sebarkan artikel ini
Ketua dan Anggota Bawaslu Touna, Abas dan Suandi Tamrin Bilatullah saat menjadi narasumber di podcast “Obrolan Pemilu” yang diselenggarakan oleh Tribun Palu, Selasa (30/08/2022). (FOTO: SURYA)

TOUNA – Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Abas dan Suandi Tamrin Bilatullah menjadi narasumber pada podcast “Obrolan Pemilu” yang diselenggarakan oleh Tribun Palu, Selasa (30/08).

Kegiatan yang bertema “Pengawasan Verifikasi Partai Politik” itu berlangsung melalui saluran aplikasi Zoom Meeting dan disaksikan oleh masyarakat luas melalui kanal Youtube resmi Tribun Palu, sekitar pukul 14.00 Wita.

Ketua Bawaslu Kabupaten Touna, Abas, mengatakan, pada tahap pengawasan Pemilu 2024, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan melalui kegiatan sosialisasi, baik di kalangan ASN, pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB), juga mahasiswa.

“Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah melaksanakan beberapa sosialisasi, di antaranya terhadap mahasiswa PSDKU Untad, ASN dan juga di SLB dengan target pelajar yang telah memenuhi syarat memilih, dapat terlindungi hak pilihnya saat pemilu,” ujarnya.

Tak hanya itu, Abas juga menjelaskan dinamika, tantangan, dan kesiapan Bawaslu dalam mengawasi pemilu/pemilihan di Kabupaten Touna, baik dari sisi teknis pengawasan maupun dari sisi geografis Kabupaten Touna yang terdiri atas enam kecamatan di wilayah daratan dan juga enam kecamatan di wilayah kepulauan.

“Tantangan pemilu sebelumnya itu, di beberapa wilayah kepulauan belum ada jaringan internet maupun telepon. Transportasi regular terkadang menyulitkan kita segera melaksanakan secara cepat aktifitas pengawasan, kecuali menggunakan speed boat,” katanya.

Sementara itu, Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Touna, Suandi Tamrin Bilatullah, mengatakan, tantangan dan dinamika pengawasan pemilu memang menjadi kendala di lapangan.

“Namun itu semua sudah menjadi tanggung jawab dan komitmen seorang pengawas pemilu untuk mewujudkan pemilu yang demokratis yang diharapkan oleh masyarakat,” tegas Suandi.

Suandi juga memberikan apresiasi kepada Media Tribun Palu yang telah memberi ruang dalam program podcastnya bagi Bawaslu Kabupaten Touna, sehingga masyarakat dapat memahami tugas, fungsi, dan kewenangan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sejauh ini, Bawaslu Touna telah membentuk tim Fasilitasi Pengawasan Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024. Tim tersebut telah melaksanakan pengawasan sejak pendaftaran, hingga verifikasi administrasi yang berjalan di Komisi Pemilihan Umum Touna.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *