Pemerintahan

Aksi Percepatan Penurunan Stunting, DP3AP2KB Touna Gelar Rembuk Stunting di Wilayah Kecamatan Tojo

96
×

Aksi Percepatan Penurunan Stunting, DP3AP2KB Touna Gelar Rembuk Stunting di Wilayah Kecamatan Tojo

Sebarkan artikel ini
DP3AP2KB Touna Gelar Rembuk Stunting di Wilayah Kecamatan Tojo.

TOUNA – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tojo Una Una (Touna) mengadakan  Rembuk Stunting Wilayah Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna di balai penyuluhan KB di Desa Uekuli Kecamatan Tojo, Senin (29/8/2022).

Aksi Percepatan Penurunan Stunting ini dihadiri Kepala DP3AP2KB Kabupaten Touna, Ir.  Dalfiah, M.M, Camat Tojo Sudarto Palakana S.E,  Danramil 1307-04 Tojo dan Tojo Barat Kapten Inf Ismail Beta, Kepala KUA Kec Tojo Umar Turhamun S.Ag, Kepala Puskesmas Tojo Fadlia Moh Nur Malewa S.St, Kepala Desa Se-Kecamatan Tojo, Para Kader Stunting Se-Kecamatan Tojo.

Dalam materinya, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Touna, Dalfiah menjelaskan, bahwa pengertian stunting yaitu gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi dan infeksi berulang yang di tandai dengan panjang atau tinggi badan berada di bawa standar.

“Dampak stunting yaitu terganggunya perkembangan otak, kecerdasan berkurang, gangguan fisik dan gangguan metabolisme,” jelas Dalfia.

Dalfia mengatakan, saat ini, masih banyak masyarakat kita belum memiliki jambang dan mereka hanya membuang kotoran dengan gali lobang dan dapat menyebabkan penyakit stunting.

“Generasi kita akan rusak apabila generasi kedepan kena stunting, untuk itu, kita harus perangi stunting untuk mencegah generasi kita hancur,  karena stunting,” katanya.

Dalfia mengungkapkan, telah di temukan ibu-ibu kita memberikan anak/bayi nya makan nasi yang belum cukup umur.

“Padahal akibat diberikan makan nasi kepada anak/bayi yang belum cukup umur dapat mempengaruhi usus bayi yang akan berpengaruh dan pertumbuhan bayi akan lambat,” ungkapnya.

Dia berharap para kepala desa harus tahu masyarakatnya yang melaksanakan pernikahan dini yang di bawa umur untuk menghindari dan mencegah stunting.

“Untuk itu, dengan kegiatan Stunting ini diharapkan  Kabupaten Tojo Una Una mendapatkan juara mengikuti kabupaten-kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang mendapatkan juara lomba sunting,” harapnya.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *