Pemerintahan

Wakil Bupati Touna Hadiri FGD Finalisasi Penyusunan Publikasi DDA 2022

66
×

Wakil Bupati Touna Hadiri FGD Finalisasi Penyusunan Publikasi DDA 2022

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH Saat Menghadiri FGD Finalisasi Penyusunan Publikasi DDA 2022, di Hotel Ananda Ampana.

TOUNA – Wakil Bupati Tojo Una-Una (Touna),  Ilham Lawidu, SH menghadiri sekaligus membuka Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Penyusunan Publikasi Daerah Dalam Angka (DDA) Tahun 2022, di Hotel Ananda Ampana, Kecamatan Ampana Kota, Rabu (16/02/2022).

Turut hadir, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak Dr. Mahmud Lahay S.E., M.Si, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tona, Siswadi, S.ST., M.Si, Wakapolres Touna, Kompol I Made Darma, SH, Perwakilan OPD Lingkup Pemda Touna, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengatur berbagai aspek pembangunan, sehingga membutuhkan data dan informasi pembangunan secara komprehensif dan terpadu.

“Data tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan, namun juga di manfaatkan untuk memantau dan evaluasi kinerja pelaksanaan pembangunan, serta dapat di gunakan untuk perencanaan pembangunan periode berikutnya yang di kaitkan dengan era otonomi itu sendiri,” ucap Ilham.

Ilham mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Tentang Sistem Pembangunan Nasional Pasal 31 yang menjelaskan bahwa, perencanaan harus berdasarkan data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, karena kita selalu terkendala dengan tersedianya data yang belum terjamin kualitasnya, sehingga membuat kebingungan para pembuat kebijakan, untuk mengatasi permasalahan ini perlu suatu wadah komunikasi yang diharapkan untuk mencari solusi yang optimal dan memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas, bermanfaat, untuk perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif.

“Untuk itu, marilah kita sama-sama menyikapi penyelenggaraan statistik sektoral sebagai bentuk tanggung jawab bangsa dan membantu negara untuk menghadirkan data, yang tak lain berguna untuk dukungan pembangunan oleh sebab itu suatu kerja sama yang baik sangat diperlukan, menyatukan data dan informasi yang akhirnya menghasilkan data melalui kompilasi produk administrasi dari instansi masing-masing sesuai undang-undang nomor 16 tahun 1957 tentang statistik itu sendiri, sehingga dapat dipertanggungjawabkan validitas dan reabilitasnya,” ajak Ilham.

Lanjut kata Ilham, saat ini BPS berupaya untuk mengumpulkan data, menyusun publikasi rutin yang dikeluarkan setiap tahun yaitu Kabupaten Touna dalam angka pada Bulan Februari Tahun 2022,  inilah yang disebut dengan kompilasi data statistik sektoral.

“Kami Atas Nama Pemerintah Daerah mengharapkan publikasi ini dapat ditingkatkan kualitasnya,  sehingga dapat segera kita manfaatkan bersama sebagai langkah awal untuk mendapatkan data yang terintegrasi, ” lanjutnya.

“Untuk itu, kami berharap partisipasi dan kerjasamanya, sehingga kegiatan yang dilakukan oleh BPS berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan data yang berkualitas,” tutupnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *