Pemerintahan

Bupati Touna Buka Rapat Kerja Dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desa

74
×

Bupati Touna Buka Rapat Kerja Dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desa

Sebarkan artikel ini
Bupati Touna Buka Rapat Kerja Dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desa
Bupati Touna Buka Rapat Kerja Dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desa

TOUNA – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE, MM membuka Rapat Kerja (Raker) dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Touna di Hotel Grand Pink jalan Salimu, Kelurahan Uentanaga Bawah, Kecamatan Ratolindo, Senin (27/07/2020).

Hadir dalam pembukaan Raker ini, Ketua DPRD Touna, H. Mahmud Lahay, SE, M.Si, Kepala Inspektorat Kabupaten Touna, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Touna, Para Camat, Lurah, Kepala Desa, BPD dan pendamping Desa se-Kabupaten Touna.

Dalam Sambutannya Bupati Touna, Mohammad Lahay yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten mengucapkan terima kasih kepada Bagian Tata Pemerintahan yang sudah berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya ucapkan selamat datang kepada peserta Raker, semoga Rapat Kerja ini akan mempercepat program-program pembangunan Pemerintah Daerah dan Penanganan Pengendalian Covid-19 serta peningkatan pelayanan Aparatur Pemerintahan ditingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa sebagai upaya mewujudkan pelaksanaan Pemerintahan yang berdaya saing dan aman Covid-19, yang disesuaikan visi-misi Pemda Kabupaten Touna,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, bahwa dalam sistem penyelengaraan pemerintahan di Negara Kesatuan Repoblik Indonesia posisi Kecamatan berkedudukan sebagai perangkat daerah Kabupaten sekaligus penyelenggaraan urusan pemerintahan umum.

“Sebagai pelaksana perangkat daerah, Camat melaksanakan sebagian kewenangan Bupati yang dilimpahkan dan sebagai penyelenggara urusan pemerintahan umum, Camat secara berjenjang melaksanakan tugas pemerintah pusat di wilayah Kecamatan,” kata Bupati.

Olehnya, kata Bupati, dengan kedudukannya tersebut, Kecamatan mempunyai peran yang sangat strategis, baik dari tugas dan fungsi organisasi, sumber daya manusia, dan sumber pembiayaannya Camat juga memliki kewenangan atributif yang sifatnya melekat antara lain mengkordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengkordinasikan penyelenggaran ketentraman dan ketertiban umum, penerapan perda, perkada, pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum.

“Camat juga merupakan perpanjangan tangan Bupati yang bertanggung jawab dalam hal pembinaan dan mengkordinir tugas dan fungsi Lurah dan Kepala Desa sesuai amanat Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang tata pemerintahan Daerah,” tambah Bupati.

Bupati berharap melalui kegiatan Rapat Kerja Bupati dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desase-Kabupaten Touna dengan mengusung tema “Membangun Netralitas Aparatur Pemerintahan Daerah Dalam Mewujudkan Pilkada Tahun 2020 Luber, Jurdil dan Aman Covid-19” menjadi momentum yang berharga untuk menyatukan visi dalam menciptakan penyelenggaraan Pemerintahan yang kredibel dan akuntabel dama kerangkan otonomi daerah.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.